Sebuah era baru Internet of Things (IoT)

Definisi Internet of Things


Hallo pembaca, mungkin sebagian dari kalian sudah ada yang mengetahui Internet of Things atau yang lebih di singkat IoT. IoT itu sendiri mempunyai makna bermacam-macam , namun pada konsepnya IoT adalah memperluas manfaat dari sebuah konektifitas seperti internet untuk menghubungkan segala macam bentuk fisik dari bahan pangan, elektronik, peralatan apa saja, sensor dsb. IoT itu sendiri sudah di idekan oleh Kevin Ashton pada tahun 1999 dan terkenal melalui Auto-ID center.

Apa Itu IoT

Mengapa harus IoT? zaman sekarang hampir seluruh penduduk di Bumi memiliki komputer, dan setiap komputer hampir seluruhnya terkoneksi ke internet di tambah lagi sekarang sudah ada fasilitas cloud computing yang dapat menyimpan suatu file tanpa harus ada hardisk fisik yang terlihat oleh user. Dari beberapa penunjang tersebut IoT memungkin kan untuk digunakan, namun IoT itu sendiri sedang dalam tahap pengembangan jadi masih belum ada standar khusus yang mengatur IoT tersebut.


Definisi Internet Of Things

IoT menggunakan teknik sebuah pengalamatan seperti Radio Frekuensi Identification (RFID) namun pengalamatan seperti ini sudah berkembang menjadi Internet Protocol (IP) atau Uniform Resource Identifier (URI). Sekarang-sekarang ini juga sudah berkembang sebuah IPv6 dengan pengalamatan lebih besar dibanding IPv4, yang dapat memungkin nantinya semua benda buatan manusia dapat memiliki IP sehingga benda tersebut dapat terhubung ke internet dan dapat di kendalikan. Sistem ini dapat membangun sebuah objek berskala besar, kombinasi ini dapat di temukan dalam arus GS1/EPCglobal EPC Informartion Service (EPCIS).

What is Internet of Things


Cara kerja dari IoT itu sendiri sangat unik. Tidak ada campur tangan manusia, manusia hanya sebagai pengawas dan mengatur kerja semua benda. Benda-benda tersebut terhubung tanpa ada batasan sebuah jarak dengan kata lain semua benda terhubung melalui internet. Tantangan besar dalam IoT adalah bagaimana kita membangun sebuah jaringan yang tersetruktur, diamana jaringan terebut sangatlah kompleks dan memerlukan sistem keamanan yang ketat, serta infrastrukturnya pun dapat terhambar masalah budget karena memerlukan modal yang besar pula.

Internet oF Things Graph

IoT akan mencakup area yang begitu luas seperti sektor energi, sektor pembangunan, sektor rumah tangga, sektor kesehatan, sektor industri, sektor transportasi, sektor perdagangan, sektor keamanan, sektor teknologi dan jaringan. Hampir semua sektor dicakup oleh IoT.

What is Internet of Things


Manfaat dari IoT itu sendiri dapat mempercepat sebuah pekerjaan manusia, efisien terhadap waktu dan kita dapat memantau semua sitem yang kita buat dari manapun kita berada karena semuanya sudah terhubung kedalam internet. So persiapkan dirimu untuk era Internet of Things :D


Share on Google Plus

About Unknown

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar