Sejarah Perkembangan Komunikasi

Sejarahnya zaman dahulu manusia berbicara melewati suara ,gambar gerakan , seiringnya perkembangan habbit dan keperluan manusia , mendorong perkembangan pesat dari sistem komunikasi pada manusia , dari mulai menggunakan api, cahaya hingga sebuah kode , seperti kode morse , dan masih banyak lagi cara berkomunikasi pada zaman dulu , pada zaman sekarang komunikasi sudah sangat memadai dan bisa di bilang canggih pada setiap dekade , semakin tingginya kebutuhan manusia dalam berkomunikasi dan bertambahnya pengguna telekomunikasi jarak jauh ,membuat lahirnya sebuah sistem jaringan komunikasi atau yang sering di sebut jarkom , jarkom dapat menyediakan wahana untuk menghubungkan bayak orang secara effisien menggunakan link dan node .
Mari kita bahas satu persatu tentang telekomunikasi dari jarkom,definisi Jarkom adalah sebuah sistem yang di bentuk dari interkoneksi fasilita-fasilitas yang di rancang untuk membawa trafik dari beragam sumber telekomunikasi. Dalam sebuah jaringan terdapat 3 komponen pembentuk, yaitu :
1. Node/Switch (sebagai Sentral)
2. Link (sebagai kabel ,peralatan,dsb.)
3. Trafik (sebagai informasi yang terdapat dalam jaringan, mengalir melului node &link)
clip_image002
Setelah kita mengetahui komponen dasar pembentuk jaringan , kita juga harus mengetahui jenis dari jaringan telephone , ada 2 jenis jaringan telepone :
1. Fix telephone
2. Wireless
Dalam pembahasan dalam web ini lebih menjurus ke arah fix telephone , Dalam sejarahnya Perkembangan Jaringan fixed telephone tebagi menjadi 3 , yaitu:
1. POTS
2. PSTN
3. ISDN
POTS adalah Plain Old Telephone Service , ini Model jaringan paling pertama , ada beberapa ciri dari POTS :
a. Bentuk nya sangat sederhana
b. Infomasi hanya dalam bentuk voice
c. Sifat analog
d. Bentuk jaringan masih mesh
e. Komunikasi jarak jauhnya masih menggunakan bantuan operator
clip_image004
Ini adalah gambar dari jaringan mesh metode untuk menghitung sebuah mesh
n = Jumlah node
rumus

Terbayang bukan apabila banyak pelanggan maka akanbanyak jumlah node dan semakin panjang saluran , sehingga menyebabkan modal yang di keluaran sangat besar dan tidak efektif , itu lah kelemahan dari jaringan ini .
PSTN adalah Public Switch Telephone Network,seperti namanya jaringan ini sudah mengggunakan Switch, namun POTS mempunyai kelemahan yaitu harganya mahal,tidak efektif,Komunikasi jarak jauh membutuhkan operator , maka dari itu jaringan ini membutuh kan Switch. Ciri-ciri dari POTS :
a. Sudah ada Sentral/Node/Switch/Exchange.
b. Informasi dalam bentuk voice+ data (data di sini maksudnya tulisan, contoh FAX)
c. Sifatnya semi digital , maksudnya adalah :
- Sentral -> Pelanggan : masih bersifat analog
- Sentral -> Sentral :sudah bersifat Digital
d. Bentuk Jaringannya Star
e. Jumlah N pelanggan = Jumlah N saluran
ISDN adalah Intergrated Service Digital Network jaringan dimana komunikasinya “End to End” sudah bersifat digital. Maksud dari “end to end” adlah setiap sentral yang dilewati bentuk datanya selalu digital. ISDN mempunyai ciri-ciri:
a. Informasi dalam bentuk multimedia
b. Bentuk jaringan :
- Sentral -> Sentral = Mesh
- Sentral -> pelanggan = Star
c. Seiring Perkembangan karena kapasitas yang tinggi maka jaringan menjadi bentuk stars.

































Share on Google Plus

About Unknown

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar