Review Lumia 640

Kelompok yang dulunya devisi mobile Nokia kini telah mengalami perubahasan besar dalam beberapa tahun terakhir. Setelah mengalami penurunan omset penjualan perangkat symbian, perusahaan memutuskan untuk pindah ke platform Microsoft Windows Phone. Dalam waktu yang sangat singkat nokia menjadi nomer satu vendor Windows Smartphone di dunia. Meskipun demikian, berpindah ke windows phone masih gagal untuk merevitalisasi perusahaan.


Kali ini saya akan mereview Microsoft Lumia 640. Ponsel ini di umumkan bersamaan dengan 640 XL di MWC bulan Februari lalu, dan itu salah satu yang pertama perangkat lumia baru dirilis di bawah merek Microsoft. Dengan harga $ 129, sekitar Rp 1.670.000 ,Lumia 640 menempatkan diri dengan harga smartphone murah, lalu apa sajakah yang di tawarkan dengan harga $129 tersebut, berikut kulasan secara hardware dan software nya.

Harga Lumia 640
Dengan harga sedemikian murahnya tidak menjadikan hardware Lumia 640 murahan , terlihat dengan layar 5" 1280x720 IPS display. Menempatkan Lumia lebih maju di bidang layar dengan harga murah , biasanya dengan panel  QHD. 1280x720 perangkat yang muncul akan berkisaran $200. Dengan harga berkisar $100 Nokia Lumia 640 memberikan kualitas kamera 1/4" 8MP sungguh perangkat dengan kualitas baik dan harga terjangkau , dari hasil kamera itu pun sensor bukan lah satu-satunya faktor yang mempengaruhi kualitas gambar, namun perangkat lumia itu sendiri mempunyai kemampuan pengolahan gambar yang sangat baik, dengan demikian kamera Nokia Lumia 640 melampaui smarthphone lain dengan harga murah.

Harga Lumia 640 yang cukup murah di tambah lagi , dengan spesifikasi  8GB  NAND, 1GB of RAM, and 2.4GHz 802.11n WiFi akan mampu menggoda para consumen. Namun ada satu hal yang masih mengecewakan yaitu SoC dari smartphone tersebut yaitu masih menggunakan snapdragon 400 sedangkan sekarang sudah muncul snapdragon 410.


Sejak pertama kali muncul Lumia awalnya hanya memperkenalkan 2 device nya yaitu Lumia 710 dan Lumia 800. Dimana Lumia 710 merupakan smartphone standar, namun berbeda dengan lumia  800 dimana smartphone ini di design sangat unik. Lalu di kembangkan lagi dengan di perkenalkan model-model baru dari Lumia, hingga Lumia 640 namun pada Lumia 640 tidak lah sama dengan Lumia lainnya. Berikut yang di katakan Anandtech

Lumia 640 Spesifikasi

Pada penutup yang menggunakan blue glossy plastic shell yang sangat solid , di lengkapi dengan anti gores dana noda. Pada bagian tengah terdapat loggo Microsoft dan bagian bawah terdapat lubang kecil untuk suara , dan di atas logo microsoft terdapat kamera belakang 8MP dan LED flash pada bagian kirinya.

Ketika cover belakang di buka smartphone ini nampak sangat solid dan berisi , namun hampir ada kejanggalan dimanakah slot simnya? Setelah di lihat baik-baik slot sim terletak di bagian kiri baterai yang nyaris tidak terlihat , Microsoft membuatnya sangat rapih

Letak slot sim

Sisi kiri Lumia 640 tidak terdapat tombol sama sekali ,sedangkan sisi kanan memiliki tombol power dan juga tombol volume yang sangat nyaman di gunakan di banding Zenfone 2 dan Moto E.
Salah satu perbedaan utama antara Lumia 640 dan beberapa perangkat Microsoft lainnya Lumia adalah bahwa ia memiliki sisi datar dan sudut bulat. Ini sangat kontras dengan penampilan standard perangkat Lumia lainnya, yang datar di bagian atas dan bawahnya tapi bulat pada sisi kiri dan kanan

Bagian Sisi Lumia 640




Bagian atas Lumia 640 memiliki jack audio dan port microUSB di bagian bawah. Pada bagian layar Lumi 640 di dominasi dengan layar hitam dengan layar 5.0" 1280x720 IPS LCD dan beberpa hal yang di tempatkan di atas bezzel nya, dan bezzel pada bagian bawahnya terdapat microphone untuk melakukan panggilan atau menerima panggilan namun bagian atas terdapat kamera menghadap kedepan dan speaker earpiece.


Secara keseluruhan Lumi 640 membangun kualitas dan design yang baik
Share on Google Plus

About Unknown

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar